Review Tentang Kredit Tanpa Agunan Dari Taralite.com

Review Tentang Kredit Tanpa Agunan Dari Taralite.com - Keadaan keuangan setiap orang pastilah berbeda-beda. Setiap orang juga memiliki masalah mereka masing-masing. Dan setiap masalah keuangan yang datang tidak bisa diprediksi dengan tepat, sehingga kita tidak selalu bisa melakukan antisipasi dalam bidang keuangan. Keuangan setiap orang juga berbeda-beda. Ada yang memiliki pendapatan yang fantastis, ada juga yang memiliki pendapatan tingkat sedang dan bahkan ada yang memiliki pendapatan yang dibawah rata-rata pendapatan perkapita dari suatu region atau daerah. Hal itu memang tidak bisa dipungkiri lagi, sehingga kadang banyak orang yang mencari jasa perkreditan untuk mendapatkan uang atau pinjaman yang bisa dikatan dalam jumlah besar dan dengan tempo waktu yang cukup singkat. Produk keuangan yang sering digunkan untuk mendapat uang atau pinjaman secara cepat hanyalah melakukan kredit biasa. Padahal selain kredit biasa terdapat kredit yang lain yang lebih cepat dan lebih menguntungkan bagi anda dan juga aset-aset yang anda miliki, karena produk keuangan yang satu ini disebut kredit tanpa agunan atau KTA.

KTA
KTA by Taralite.com
Untuk anda yang belum mengerti mengeni KTA (kredit tanpa agunan) anda mungkin harus mengetahui apa itu kredit terlebih dahulu. Kata kredit sendiri berasal dari bahasa latin dengan kata awal credere yang memiliki arti kepercayaan atau percaya, atau juga berasal dari kata credo yang diterjemahkan dengan saya percaya. Dari kata tersebut anda sudah bisa menerjemahkan apa itu kredit, yaitu pemberi kredit atau pinjaman telah mempercayai peminjam dengan meminjamkan suatu produk keuangan, dan pemberi pinjaman percaya bahwa peminjam akan mengembalikan pinjamannya dengan bunga atau pun tidak dengan bunga sesuai dengan waktu yang ditentukan dengan jaminan atau tanpa jaminan tertentu. Setelah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan kredit, maka anda juga harus tahu mengenai jaminan itu sendiri. Jaminan atau agunan ialah sesuatu yang dijanjikan kepada pemberi pinjaman oleh peminjam untuk mendapatkan pinjaman. Sesuatu yang dijanjikan tersebut dapat menjadi milik pemberi pinjaman apabila peminjam tidak menepati janjinya untuk mengembalikan pinjamannya sesuai dengan waktu yang ditentukan. Dalam kredit, peminjam disebut sebagai debitor dan yang memberi pinjaman disebut sebagai kreditor.

Produk KTA atau Kredit Tanpa Agunan

KTA atau kredit tanpa agunan atau kredit tanpa jaminan sering disebut juga sebagai kredit blanko atau unsecured down adalah pemberian produk kredit tanpa suatu jaminan fisik atau agunan material. Pemberian produk keuangan ini memang tidak sembarangan untuk semua orang. Pemberian dilakukan apabila pemberi pinjaman (kreditor) telah percaya kepada peminjam (debitor) untuk memberikan pinjaman, dengan pertimbangan yang sangat matang. Peminjam (debitor) haruslah sudah teruji kejujurannya, ketepatan waktunya dalam membayar atau melakukan cicilan-cicilan yang sebelumnya, dan bonafit atau tidaknya peminjam tersebut, baik itu dalam hal suatu transaksi perbankan dengan bank lain atau bank tersebut, atau bahkan dengan penyedia jasa keuangan atau kegiatan usaha yang dimiliki peminjam tersebut. Bank atau penyedia jasa keuangan akan melakukan pencocokan data ke bank atau penyedia jasa keuangan yang lain untuk mencocokan apakah peminjam ini benar memiliki ketepatan waktu dalam membayar pinjamannya.

Fungsi dan Tujuan dari Kredit Tanpa Agunan

Pemberian kredit ini memiliki banyak fungsi yang pada awalnya digunakan sebagai alat untuk saling mendapatkan keuntungan antara kedua belah pihak, yaitu antara peminjam dan yang memberikan pinjaman. Fungsi dan tujuan dari KTA atau Kredit Tanpa Agunan ialah :
  • Dapat meningkatkan uang yang ada menjadi lebih berguna, karena uang yang ada tidak hanya disimpan, tetapi digunakan untuk melakukan usaha, karna saat ini banyak sekali peluang bisnis yang menguntungkan.
  • Meningkatkan gairah masyarakat untuk berusaha. Salah satu kendala untuk memulai atau mengembangkan usaha adalah karena tidak adanya modal, karena adanya pinjaman yang tidak membutuhkan jaminan, kemungkinan besar orang akan mendapatkan modal dan bisa memulai bisnis.
  • Peredaran serta lalu lintas atau perputaran uang akan meningkat. Apabila uang dapat dikreditkan untuk hampir semua orang yang memiliki maupun tidak memiliki jaminan, maka uang tidak hanya diam di bank atau penyedia jasa keuangan, uang akan dipinjam kemasyarakat dan bunga dari masyarakat menambah pendapatan bank.
  • Salah satu alat stabilitas dalam perekonomian negara.
  • Pendapatan perkapita masyarakat akan meningkat karena usaha semakin meningkat.
  • Pendapatan masyarakat merata karena adanya usaha baru dari modal kredit tanpa agunan akan menyerap tenaga kerja.
  • Sebagai pendorong dan penggerak kegiatan perdagangan dan perekonomian yang ada.
  • Modal untuk usaha akan semakin besar bagi masyrakat
  • Tidak menyusahkan masyarakat yang akan mengambil kredit.


Hal yang Dapat Dibiayai KTA

Keuntungan dari KTA adalah selain tanpa menggunakan agunan, juga pihak bank atau penyedia jasa keuangan tidak membatasi pengajuan kredit tanpa jaminan dengan suatu kebutuhan atau keperluan tertentu. Oleh karena itu kredit tanpa jaminan dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Memang secara garis besar produk kredit jenis ini termasuk dalam produk kredit konsumtif yang dapat anda gunakan untuk kegiatan atau kepentingan-kepentingan sebagai berikut :
  • Untuk menambah modal usaha atau bisnis anda. Untuk membangun atau mengembangkan bisnis atau usaha yang anda miliki.
  • Untuk membayar biaya pendidikan anak anda.
  • Untuk menambah biaya pernikahan anda.
  • Untuk biaya memperbaiki rumah anda.
  • Untuk membiayai pengobatan anda atau keluarga anda.
  • Untuk anda melunasi atau penutupan kartu kredit yang anda miliki.
  • Dan juga bisa anda gunakan untuk keperluan keuangan anda yang lainnya.


Persyaratan yang Dibutuhkan

Untuk anda yang akan mengajukan KTA atau kredit tanpa agunan akan diminta untuk mengumpulkan syarat tertentu. Syarat tersebut berbeda-beda disetiap bank. Namun secara umum syarat yang diajukan seperti :
  • Anda adalah seorang warga negara indonesia (WNI)
  • Anda memiliki umur antara 21 - 60 tahun
  • Anda harus memiliki pendapatan bersih 3 juta untuk anda yang bekerja sebagai pegawai swasta, wiraswasta serta pekerjaan yang lain. Peraturan setiap bank berbeda untuk peraturan yang ini.
  • Anda harus memenuhi dokumen-dokumen yang sudah ditentukan dari pihak bank atau penyedian jasa keuangan. Dokumennya seperti : salinan kartu tanpa pengenal anda, salinan kartu kredit yang anda miliki yang berbeda bank dengan bank yang anda mintai pinjaman, slip gaji terakhir, foto copy NPWP untuk anda yang akan meminjam uang dalam jumlah besar, salinan buku sampul tabungan anda, mutasi rekening anda dalam waktu 3 bulan terakhir dan bagian yang diarsir dalam bagian depan kartu kredit anda.


Biaya yang Terdapat Dalam Proses Pengajuan Kredit Tanpa Jaminan

Untuk anda yang akan mengambil KTA anda lebih baik menyimak biaya proses KTA dibawah agar tidak terjadi salah paham. Biaya yang ada adalah :
  • Biaya Provisi atau administrasi
Adalah biaya yang dikenkan satu kali diawal saat anda disetujui peminjamaan anda. Biaya ini diambil saat anda mengambil uang dari bank dan diambil sekali diawal saat pengambilan uang. Besarnya berbeda-beda setiap bank. Ini disebut juga biaya balas jasa kepada bank.
  • Biaya Materai
Adalah biaya yang dikenakan kepada peminjam untuk membayar materai yang digunakan. Itu tergantung dari kebijakan yang dibuat bank. Ada bank yang tidak menerapkan biaya materai kepada peminjam, melainkan ditanggung oleh pihak bank.
  • Biaya Diawal atau Dimuka
Biaya ini dibayarkan diluar cicilan. Atau mungkin bisa dibilang biaya potongan. Biaya dimuka ini tergantung dari ketentuan bank anda mengambil kredit ini. Biayanya sekian persen (%) dari total pinjaman anda.
  • Biaya Bunga Bank
Biaya ini adalah biaya yang dikenakan setiap anda membayar cicilan anda perbulan. Biaya bunga ini sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh bank. Bunga ini sebagai pendapatan dari bank karena memberikan anda pinjaman. Bunga bank untuk kredit tanpa pinjaman ini termasuk tinggi, karena anda tidak memberikan jaminan dan resiko yang ditanggung bank besar.
  • Biaya Penalti atau Pelanggaran
Adalah biaya yang dikenakan saat anda akan melunasi pinjaman anda di waktu yang telah disepakati. Misal anda melunasi 5 bulan lebih cepat, maka biaya penalti yang telah ditetapkan bank akan dikalikan dengan sisa tagihan kredit anda selama 5 bulan.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Review Tentang Kredit Tanpa Agunan Dari Taralite.com"